Contoh Soal Tes CPNS Dan Pembahasan Matematika

Contoh Soal Tes CPNS Dan Pembahasan Matematika
Di Posting Oleh : Admin
Kategori : Contoh Soal Blog Tutorial, Teknologi dan Kesehatan: Mangaip Blog

Contoh Soal Tes CPNS Dan Pembahasan Matematika - Memang kalau kita kurang tahu tentang soal tes CPNS makah kita akan bingung untuk bisa mempelajarinya, karena dimana soal CPNS untuk matematik banyak sekali rumus yang harus kita persiapkan dan kita pelajari.  Untuk bisa mempermudah hal tersebut, maka kita harus mengenal soal CPNS tersebut supaya kita bisa memperdiksi soal matematika apa yang di keluarkan.


Untuk mengenali hal itu maka kami akan sampikan kepada anda semua untuk bisa mempelajarinya dirumah dan mempersiapkan materi tes CPNS untuk matematika. Di bawah ini adalah Contoh Soal CPNS dan pembahasan sehingga anda bisa mengetahui soal dan juga hasil jawaban yang di keluarkan.


1. Jika P adalah bilangan asli, dan Q adalah bilangan prima, maka P Ç Q adalah himpunan…

A. Bilangan Asli
B. Bilangan Bulat
C. Bilangan Prima
D. Bilangan Cacah
E. Bilangan Kosong

2. Bilangan Bulat Bilangan Prima Bilangan Cacah Bilangan Kosong Bila terdapat dua himpunan yaitu A = {1,3,6} dan B = {1,2,3,5}; maka C = AÇN adalah

A. {1,2}
B. {1,3}
C. {2,3}
D. {3,4}
E. {3,5}

Keterangan : Notasi “Ç “ menyatakan irisan. Anggota persekutuan A dan B adalah 1 dan 2 maka C = A Ç B = {1,3}

3. I. Beberapa bilangan bukan bilangan prima
II. Tidak ada bilangan prima yang merupakan bilangan kuadrat.
Jika beberapa dalam pernyataan I berarti “paling sedikit satu” maka dari pernyataan I dan II dapat disimpulkan …

a. Beberapa bilangan bukan bilangan kuadrat
b. Beberapa bilangan adalah bilangan kuadrat
c. Beberapa bilangan kuadrat bukan bilangan
d. Tidak ada bilangan yang bilangan kuadrat
e. Tidak satupun yang diatas merupakan kesimpulan dari I dan II

4. Berdasarkan hasil tes tertulis rekrutmen calon pegawai yang terdiri dari 50 peserta, diperoleh hasil sebagai berikut :
20 orang peserta mendapat skor terbaik pada tes verbal, 30 orang peserta mendapat skor terbaik pada tes kuantitatif dan 10 orang peserta mendapat skor buruk pada kedua tes tersebut.
Berapa banyak peserta tes yang mendapat skor terbaik untuk kedua tes tersebut?

a. 5
b. 10
c. 15
d. 20
e. 25

Pembahasan :
Misal V = {peserta mendapat skor terbaik pada tes verbal}
K = {peserta mendapat skor terbaik pada tes kuantitatif}
Maka n (V) = 20; n(K) = 30; n(S) =50.
n(KÈV) = n(S)-10 50 – 10 = 40;
n(KÇB) = n(K) + n (V) – n (KÇB)
40 = 30 + 20 – n(KÇB)
(KÇB) = 30 + 20 – 40 = 10

5. Dalam sebuah kandang terdapat 500 ekor lembu, 270 ekor yang jantan dan 180 berwarna hitam. Total sapi yang berwarna hitam adalah 350 ekor. Berapa ekorkah lembu betina yang tidak berwarna hitam?

A. 60 ekor
B. 70 ekor
C. 170 ekor
D.  230 ekor
E.  240 ekor

Pembahasan =
lembu jantan berwarna hitam = 180; ayam betina berwarna hitam = 350-180 = 170 ekor; lembu betina yang tidak berwarna hitam = 230-170 = 60 ekor

6. Jika M adalah himpinan huruf dari kata “ CATATAN”. Maka banyaknya himpunan bagian dari H yang tidak kosong adalah…

A. 128
B. 127
C. 16
D. 15
E. 14

Pembahasan =
Himpunan huruf {CATATAN} M = {C, A, T, N} n(M) =4
Jumlah himpunan bagian M = 24 = 16
Banyaknya himpunan bagian M yang kosong = 1
Banyaknya himpunan bagian M yang tidak kosong = 16-1 =15

7. Jika pada persamaan garis y= x+p, p diberi harga sembarang. Maka garis tersebut :
(1) Selalu memotang sumbu X
(2) Selalu memotong sumbu Y
(3) Selalu sejajar dengan garis y=x
(4) Mungkin melalui titik asal (0,0)
Maka manakah dari pernyataan tersebut di atas yang benar…

A.  (1), (2) dan (3) benar
B.  (1) dan (3) yang benar
C.  (2) dan (4) yang benar
D.  Hanya (4) yang benar
E.  Jika semuanya benar

Pembahasan =
Jika y = x+p, jika p sembarang
Titik potong dengan sumbu x y = 0 x = – p (-p,0)
Titik potong dengan sumbu y x = 0 y = p (0,p)
Y = x dan y = x + p mempunyai gradien sama yaitu 1. Maka kedua garis tersebut selalu sejajar. Untuk p=0 maka y = x, ini berarti garis tersebut melalui titik asal (0,0). Jadi pernyataan (1), (2), (3) dan (4) benar.

8. Diketahui persamaan kuadrat x2-ax-2=0, maka hasilnya adalah seperti yang dinyatakan sebagai berikut :
(1) Kedua akarnya positif
(2) Kedua akarnya negatif
(3) Kedua akarnya sama
(4) Akarnya yang satu positif dan yang lain negatif.
Maka manakah pernyataan tersebut diatas yang benar?

A. (1) , (2) dan (3) benar
B. (1) dan (3) yang benar
C. (2) dan (4) yang benar
D. Hanya (4) yang benar
E. Jika semuanya benar
 
Pembahasan =
x2-ax-2=0 Þ x1 + x2 = a; x1 - x2 = -2
D = (-a)2-4.1. (-2) = a2 + 8
D > 0 dan x1 . x2 = -2<0, maka akar-akarnya real dan berlainan tanda ( yang satu positif dan yang lain negatif)

9. Jika pernyataan p bernilai benar dan q bernilai salah, maka pernyataan dibawah ini manakah yang bernilai benar….
(1) ~ p Û q
(2) ~ p n ~q
(3) q n p
(4) ~ q Ù p

A. (1) , (2) dan (3) benar
B. (1) dan (3) yang benar
C. (2) dan (4) yang benar
D. Hanya (4) yang benar
E. Jika semuanya benar

Pembahasan =
PQ~ p~ q~ p Û q~ p n ~qq n p~ q Ù p
BSSBBBBB

10. Pasangan manakah dari pernyataan p dan q yang berikut memenuhi p Þ q?
(1) P : x ganjil; q : 2x genap
(2) P : x positif; q : 2x positif
(3) P : x ganjil ; q : 2x+1 ganjil
(4) P : x2-x <2 ; q : -1<x<2

A. (1) , (2) dan (3) benar
B. (1) dan (3) yang benar
C. (2) dan (4) yang benar
D. Hanya (4) yang benar
E. Jika semuanya benar

Pembahasan =
X2-x-2 < 0
(x+1) (x-2) < 0 Þ -1 <x < 2
X2-x < 2 Þ -1 < x<2 (benar)

Semoga info yang kami sampaikan di blog contoh surat dan proposal untuk  Contoh Soal Tes CPNS Dan Pembahasan Matematika bisa menjadi manfaat buat anda yang saat ini ingin sekali mengikuti Tes CPNS, semoga bisa lulus tes CPNS ini ya sobat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Pidato Perpisahan

Contoh Proposal Usaha Cuci Mobil dan Motor

Materi Stand Up Comedy Terlambar Mengangkat